Desember 11, 2011

cuek atau tidak peka???

assalamualaikum..

mungkin kali ini tulisanku agak terkontaminasi gara gara habis baca novelnya fitri tropica yang judulnya 'kening'.
novelnya lucu, tapi ada beberapa kutipan yang sampai sekarang masih saya ingat
'cuek dan tidak peka itu berbeda'

di novelnya tidak ada penjelasan atau definisi tentang cuek atau tidak peka.
saya coba interpretasikan sendiri.
kalau cuek itu mendingan daripada tidak peka. tidak peka sepertinya keadaan dimana seseorang benar benar tidak punya yang namanya feel, taste, sense, rasa, perasaan, intuisi, atau apalah itu.

kalau cuek, belum tentu dia tidak perduli sama kamu, mungkin saja itu pembawaannya yang memang sulit untuk menunujukkan perasaan yang sebenarnya.
rata rata orang cuek sebenarnya lebih peka sama yang namanya perasaan, kenapa saya bilang seperti ini???
karena orang cuek, contohnya kalau kamu ada di situasi yang benar benar bikin kamu down atau badmood, orang cuek jarang mengeluarkan kata kata seperti ini 'sabar, jangan terlalu difikirkan, ambil hikmahnya saja,,dan bla,,bla,,bla,,bla,,bla,,bla'
orang cuek sebenarnya lebih banyak mendengarkan dan sulit untuk mengeluarkan opini atau stetmen karena orang yang cuek benar benar larut dengan perasaan yang kamu rasakan saat itu, sampai kata kata di atas dianggap hanya sebatas kata kata yang tidak bernilai bahkan efeknya sedikit menjengkelkan karena orang yang berkata seperti itu biasanya mudah bilang seperti itu karena dia tidak ada di posisi yang menimpa kamu.
orang cuek jujur kan???
dia tidak berusaha menaikkan nilainya di matamu dengan kata kata yang tidak kamu butuhkan saat itu, bahkan orang cuek sibuk putar otak cari jalan keluar yang sedikit demi sedikit, tahap demi tahap bisa buat kamu benar benar harus sabar dan lebih mengerti. nah,,jawaban sabar atau lebih mengerti ini harus di dapat dari dalam diri kita sendiri, bukan di beritahu orang orang yang sebentar saja mendengarkan kita trus tiba tiba ambil kesimpulan kamu harus 'sabar'.
orang cuek sulit menunjukkan tindakan atau respon terhadap sesuatu, dia lebih banyak mikir, diam, trus tiba tiba ambil kesimpulan yang pas.
walaupun nantinya kita sulit menerima atau menyukai orang yang cuek karena kebanyakan orang tidak bisa membaca maksud atau tindakan tindakan si cuek ini.
saya banyak berteman dengan orang cuek yang berperasaan daripada orang yang berperasaan tapi sulit mengerti.ini beda,bukannya saya menganggap salah setiap ada orang yang perhatian dengan masalah kita, saya tidak bercerita tentang kepedulian yang sifatnya otentik atau nyata, dan menganggap semua yang berkata 'sabar' saat kamu sedang dalam posisi down itu salah dan bohong. tapi kamu pasti bisa membedakan mana orang yang benar benar peduli atau tidak sama kamu.




tidak peka, ini dia orang yang menurut saya sangat tidak masuk akal, kita tau semua orang pasti punya perasaan, tapi tipe yang satu ini punya tidak???
jawabannya masih belum 0pasti, tidak peka itu mungkin keadaan diaman seseorang sedang mengalami yang namanya masalah besar atau kecil tapi dia sama sekali sulit berbaur atau merasakan hal itu.
dia hanya melihat dan menilai masalah yang kamu hadapi hanya dari luarnya saja, itupun kalau dia mau, kalau tidak mau dia lebih memilih diam dan pergi.
atau bisa juga kedaan dimana seseorang sulit mengunakan perasaannya terhadap suatu hal mungkin karena keegoisan yang tinggi sampai menentang semua fikiran dan hal hal yang bisa menyentuh perasaannya.
saya tidak bisa banyak berlomentar atau memberikan pendapat tentang ini, karena saya sulit memahami orang semacam ini.
yang jelas orang yang tidak peka pasti memiliki perasaan, tapi mungin kurang melibatkan perasaannya.

maaf untuk pembaca yang tidak setuju dengan hal ini, tapi terimaksaih sudah membaca.

hug and kiss..
:*

4 komentar: